Hegemoni Epistemologi Bayani dalam Pendidikan Islam

Leave a comment

June 25, 2008 by kamalfuadi


Judul Buku : Pendidikan Islam Transformatif

Penulis : Mahmud Arif

Penerbit : LKiS Yogyakarta

Tahun Terbit : Februari 2008

Jumlah Halaman : 309

Pendidikan Islam, sampai saat ini, masih menyimpan segudang persoalan yang memerlukan solusi-solusi segera. Pendidikan Islam masih terjebak dalam dualisme dikotomik “determinisme-historis” dan “realisme-praksis”. Dalam satu sisi terlihat pendidikan Islam yang masih memakai baju lama dan berada dalam kubangan sejarah masa keemasan Islam. Di sisi lain, pendidikan Islam juga terlihat mengalami modernisasi yang akhirnya memaksanya untuk ikut dalam arus dan condong bercorak materialistik-sekularistik.

Dengan menggunakan pendekatan historis-filosofis, penulis yang memang sudah sering bergelut dengan teks-teks pendidikan Islam, membongkar struktur epistemologi pendidikan Islam. Dalam penelusuran bangunan pendidikan Islam, penulis mengemukakan struktur bangunan pendidikan Islam yang sangat terkait dengan konstelasi budaya, politik, setting sosial, dan pemikiran Islam dan pendidikan, khususnya abad III, IV dan V H.

Konstruksi epistemologis pendidikan Islam (III-V H.), mengandung tiga struktur yang saling berkompetisi, yaitu bayâni, ‘irfani dan burhani. Masing-masing dari ketiganya ada tidak secara bersamaan. Epistemologi bayani misalnya, lebih dahulu hadir dan mendominasi dengan adanya metode istidlâli yang memang selalu bergulat dengan teks. Metode ‘irfani hadir setelah adanya persinggungan dengan budaya Persia. Sedangkan metode burhani hadir setelah persinggungan dengan budaya Yunani.

Melalui pendekatan historis, penulis menjelaskan bahwa sering terjadi tarik ulur kepentingan para penguasa pada masa-masa keemasan Islam. Contoh pertentangan Sunni-Mu’tazilah merupakan contoh paling baik yang bisa dikemukakan di sini. Tarik ulur kepentingan para penguasa terhadap pemikiran yang dianutnya menjadikan pendidikan juga terpengaruh oleh keyakinan yang telah dimapankan para penguasa tersebut.

Penulis membuktikan bahwa dominasi tradisi bayâni dalam kesadaran kolektif sebagian masyarakat muslim ternyata kurang mendukung pemekaran nalar ilmiah dalam menyikapi realitas kehidupan, dan ketika harus menghadapi kedigdayaan modernitas dengan aneka produk budayanya seperti sekularisme, materialisme, dan rasionalisme.

Dominasi epistemologi bayâni yang demikian menggurita ini, ternyata berimplikasi terhadap pendidikan Islam Indonesia yang notabene memiliki ikatan genealogis dengan budaya dan tradisi pemikiran Islam abad pertengahan. Hal ini bisa dilihat dari model madrasah, pesantren, dan pemikiran pendidikan yang memprioritaskan ilmu keagamaan khususnya fiqih. Pesantren dan madrasahpun selalu lekat dengan pelembagaan orientasi fiqih-sufistik.

Seharusnya, menurut penulis, epistemologi pendidikan Islam dengan tiga struktur dasar (bayâni, ‘irfani dan burhani), harus mempertegas keberpihakannya dalam mewujudkan pembebasan, humanisasi demi realisasi pendidikan Islam transformatif dengan menempatkan tiga struktur dasar tersebut dalam kerangka hirarkis-piramidal yang berpijak pada ayat-ayat qauliyah dan ayat-ayat kauniyah. Formulasi inilah yang disebutkan penulis mampu mewujudkan pendidikan Islam dengan “wajah lain”.

Walaupun masih merupakan formula, gagasan dalam buku yang semula merupakan disertasi penulis ini merupakan sumbangan besar bagi pemikiran pendidikan Islam Indonesia. Ke depan, masih banyak pekerjaan yang harus diteruskan mengenai bagaimana implementasi gagasan-gagasan dan formulasi baru mengenai pendidikan Islam dalam ranah praksis.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kamal Fuadi

June 2008
M T W T F S S
« May   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Nyasar

  • 128,563 hits
free counters
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31 other followers

%d bloggers like this: