Undang-undang Guru dan Dosen; Ikhtiar Membangun Profesionalitas

1

January 1, 2008 by kamalfuadi


 

 picture-032.jpg

 

Judul Buku                 : Membangun Profesionalitas Guru; Analisis Kronologis Atas Lahirnya UU Guru dan Dosen

Penulis                        : Asrorun Ni’am sholeh

Penerbit                      : Elsas

Tahun Terbit              : 2006

Jumlah Halaman        : 222

Dalam proses panjang pendidikan, guru merupakan tokoh sentral yang menjalankan peran sedemikian penting, baik dalam mentransformasikan pengetahuan, maupun menanamkan nilai dan membangun karakter peserta didik. Selain itu, dalam bahasa Freirean, guru bersama-sama dengan peserta didik adalah subjek yang melihat dan menganalisis realitas yang ada di sekitarnya sebagai suatu objek pembelajaran. Masih dalam bingkai pemikiran Freire, guru tidak lagi menjadi pusat pembelajaran, pun menjadi figur yang diposisikan sebagai yang maha tahu.

 

Secara umum, proses pembangunan karakter manusia harus dilakukan secara simultan dan berkesinambungan oleh seluruh stakeholder bangsa. Dalam konteks pendidikan, guru dan dosen merupakan figur yang selama ini sering dilupakan. Guru seringkali dilupakan kesejahteraan hidupnya, dilupakan jasa-jasanya. Sering terdengar pula ungkapan yang menyatakan bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Namun sekarang, nampaknya telah terjadi pergeseran paradigma mengenai guru. Alih-alih memposisikan guru sebagai pahlawan, jasa-jasa gurupun sekarang ini sudah semakin dilupakan.

 

Selama ini, dilihat dari aspek kesejahteraan, kondisi guru sangat memprihatinkan. Penghasilan guru secara umum tidak mencukupi kebutuhan hidupnya. Banyak guru yang memaksakan diri melakukan aktivitas di luar tugas utama mengajar, seperti menjadi pedagang, buruh, dan bahkan ada yang menjadi tukang ojek. Secara bersamaan, dalam melaksanakan tugasnya, profesi guru kurang mendapat perlindungan hukum secara memadai (hal. 6).

 

Ditilik dalam kacamata perundang-undangan, bangsa Indonesia memang telah memiliki UU no 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Namun UU tersebut belum cukup mengakomodir ketentuan yang mengatur guru yang bertugas di sekolah swasta. Karena memang guru swasta tidak bisa begitu saja dikelompokkan seperti layaknya pekerja pabrik, atau buruh, serta tenaga kerja-tenaga kerja lainnya. Akibatnya adalah bahwa seringkali kita mendengar perlakuan yang tidak selayaknya diberikan kepada guru.

 

Ditulis oleh seorang staf ahli komisi X DPR RI, komisi yang membawahi masalah pendidikan, buku ini mencoba mengulas lahirnya UU Guru dan Dosen sebagai manifestasi kepedulian pemerintah terhadap kesejahteraan guru dan dosen. Salah satu problem diatas merupakan masalah yang menjadi fokus dan titik pijak kelahiran UU Guru dan Dosen tersebut.

 

Selain itu, yang perlu dicermati dalam buku ini adalah penulis merupakan orang yang berkecimpung secara langsung dalam proses pembahasan UU Guru dan Dosen. Sehingga konten yang dipaparkan dalam buku seolah mengajak dan menghanyutkan kita dalam cerita yang ada di gedung DPR RI. Dalam buku ini juga disertakan naskah UU RI no. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.        

 

 

One thought on “Undang-undang Guru dan Dosen; Ikhtiar Membangun Profesionalitas

  1. […] Dalam proses panjang pendidikan, guru merupakan tokoh sentral yang menjalankan peran sedemikian penting, baik dalam mentransformasikan pengetahuan, maupun menanamkan nilai dan membangun karakter peserta didik. Selain itu, dalam bahasa Freirean, guru bersama-sama dengan peserta didik adalah subjek yang melihat dan menganalisis realitas yang ada di sekitarnya sebagai suatu objek pembelajaran. Masih dalam bingkai pemikiran Freire, guru tidak lagi menjadi pusat pembelajaran, pun menjadi figur yang diposisikan sebagai yang maha tahu. Secara umum, proses pembangunan karakter manusia harus dilakukan secara simultan dan berkesinambungan oleh seluruh stakeholder bangsa. Dalam konteks pendidikan, guru dan dosen merupakan figur yang selama ini sering dilupakan. Guru seringkali dilupakan kesejahteraan hidupnya, dilupakan jasa-jasanya. Sering terdengar pula ungkapan yang menyatakan bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Namun sekarang, nampaknya telah terjadi pergeseran paradigma mengenai guru. Alih-alih memposisikan guru sebagai pahlawan, jasa-jasa gurupun sekarang ini sudah semakin dilupakan. Selama ini, dilihat dari aspek kesejahteraan, kondisi guru sangat memprihatinkan. Penghasilan guru secara umum tidak mencukupi kebutuhan hidupnya. Banyak guru yang memaksakan diri melakukan aktivitas di luar tugas utama mengajar, seperti menjadi pedagang, buruh, dan bahkan ada yang menjadi tukang ojek. Secara bersamaan, dalam melaksanakan tugasnya, profesi guru kurang mendapat perlindungan hukum secara memadai (hal. 6). Ditilik dalam kacamata perundang-undangan, bangsa Indonesia memang telah memiliki UU no 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Namun UU tersebut belum cukup mengakomodir ketentuan yang mengatur guru yang bertugas di sekolah swasta. Karena memang guru swasta tidak bisa begitu saja dikelompokkan seperti layaknya pekerja pabrik, atau buruh, serta tenaga kerja-tenaga kerja lainnya. Akibatnya adalah bahwa seringkali kita mendengar perlakuan yang tidak selayaknya diberikan kepada guru. Ditulis oleh seorang staf ahli komisi X DPR RI, komisi yang membawahi masalah pendidikan, buku ini mencoba mengulas lahirnya UU Guru dan Dosen sebagai manifestasi kepedulian pemerintah terhadap kesejahteraan guru dan dosen. Salah satu problem diatas merupakan masalah yang menjadi fokus dan titik pijak kelahiran UU Guru dan Dosen tersebut. Selain itu, yang perlu dicermati dalam buku ini adalah penulis merupakan orang yang berkecimpung secara langsung dalam proses pembahasan UU Guru dan Dosen. Sehingga konten yang dipaparkan dalam buku seolah mengajak dan menghanyutkan kita dalam cerita yang ada di gedung DPR RI. Dalam buku ini juga disertakan naskah UU RI no. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. source […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: