Everett Reimer dan School Is Dead

4

January 22, 2009 by kamalfuadi


Sepuluh hari yang lalu, saat saya sedang iseng mampir ke salah satu toko buku di sekitar kampus, saya menemukan buku yang sudah beberapa tahun terakhir saya cari kemana-mana. Sebuah buku karangan Everett Reimer berjudul School Is Dead. Pernah saya berharap menemukan buku tersebut dalam format e-book di internet. Namun sampai sekarang tak pernah menemukan buku tersebut. Waktu itu saya sedang membaca buku lain karangan Ivan Illich, teman Everett Reimer, yang juga memiliki konsen yang sama. Buku Ivan Illich yang berjudul Deschooling Societypun saya dapatkan berkat info seorang teman yang tidak sengaja juga menemukan sisa-sisa cetakan buku Illich dalam bahasa Indonesia yang dicetak Yayasan Obor Indonesia (YOI). Buku Illich yang inipun awalnya saya cari-cari infonya di internet dan akhirnya saya menemukan buku tersebut dalam format e-book di salah satu situs. Untuk buku Illich tersebut silahkan buka salah satu link yang saya cantumkan di daftar link blog saya.

Perasaan senang menemukan buku Illich dalam bahasa Inggris dan kemudian edisi bahasa Indonesia (edisi bahasa Indonesia berjudul Bebaskan Masyarakat dari Belenggu Sekolah) saya luapkan juga saat pertama kali menemukan buku Everett Reimer. Buku yang terbit dalam bahasa Indonesia ini langsung saya beli saat itu juga. Karena saya berfikiran kalau waktu itu tidak saya beli, kapan lagi ada kesempatan mendapatkan buku itu. Walaupun buku Reimer itu saya dapatkan dalam keadaan bekas, tapi tak apalah, kondisinya masih baik. Beberapa kali saya pernah mendatangi toko buku bekas nan langka langganan saya di perempatan Pondok Pinang, tak pernah sekalipun saya menemukan buku Everett Reimer itu.

Pernah saya berfikiran bahwa buku itu memang tidak akan pernah saya temukan sampai kapanpun. Hatta di perpustakaan kampus, saya tidak menemukan satu bukupun berjudul School Is Dead. Alih-alih menemukan buku Reimer yang memang berjudul sangat kontroversial itu, buku-buku lain yang agak berbau subversifpun jarang ditemukan di kampus. Saya ingat saat salah satu teman saya ditanya karyawan kampus mengenai buku-buku pendidikan apa yang kira-kira perlu dibaca mahasiswa, ia mengusulkan agar buku-buku Illich seperti Deschooling Society, Paulo Freire, dan William F. O’neill (Ideologi-ideologi Pendidikan, diterbitkan Pustaka Pelajar) sesegera mungkin dihadirkan di kampus. Namun mendengar jawaban teman saya itu, karyawan kampus langsung menolak usulan itu. Padahal membaca buku-buku seperti itu saya fikir tidak akan menimbulkan ekses yang dikhawatirkan berbahaya, subversif atau apalah oleh banyak pihak. Membaca karya Freire misalnya, menurut saya, justru semakin meruncingkan pisau analisis kita dalam memahami praktek pendidikan yang selama ini sudah dan sedang dijalankan.

Saat pertama kali membuka buku Reimer ada perasaan saya yang mengatakan bahwa kali ini tampaknya saya akan kembali dihentak-hentak dan digoncang, sama seperti saat saya membaca Illich lewat Deschooling Society. Dan sampai pertengahan buku Reimer, saya memang kembali dihentak-hentak mengenai pembacaan ulang terhadap sekolah, karena buku ini, sebagaimana dituturkan Reimer, adalah hasil pembicaraan dan diskusinya dengan Illich selama hampir 15 tahun. Selamat kepada Reimer, saya kembali digoncang!.

4 thoughts on “Everett Reimer dan School Is Dead

  1. muin says:

    kok aku baca situznya di ggoogle book ga bs dibuka??
    da situs lain?????

  2. fatkhulmoein says:

    kamal aku minta tolong wat referensi buku yang yahut tt pendidikan ….
    pastinya belum aku bacca deh….

  3. kamalfuadi says:

    mas Muin silahkan buka halaman “silahkan ambil” di blog saya, format buku Ivan Illich ada dalam format document. Kalau referensi pendidikan aku punya beberapa. Mampir saja ke kamar saya.Thanks.

  4. […] Untuk tulisan dengan judul sama di blog ini silakan baca di sini. […]

Leave a Reply

