Go Blog Indonesia!, Indonesia Go Blog!


Pemberian Bloggership dari Microsoft Indonesia kepada blogger Indonesia (Anandita Puspitasari) merupakan terobosan yang sangat positif. Apresiasi seperti ini akan menjadi stimulus bagi para blogger untuk berkreasi dan mengekspresikan ide-ide mereka dalam bentuk blog. Ajang seperti ini merupakan bukti bahwa komunitas blogger adalah komunitas yang juga memiliki konsen sesuai dengan bidang yang diminatinya. Komunitas blogger adalah komunitas yang juga peduli dengan masalah-masalah masyarakat. Tidak seperti perkataan salah satu pakar Indonesia beberapa waktu lalu mengenai keberadaan blog di dunia maya. Ia mengatakan bahwa blog di dunia maya adalah sampah. Selepas pemberitaan di media mengenai perkataannya itu, saya geli melihat protes dari para blogger yang lantas membuat gambar manipulasi si pakar mengenakan baju wanita yang dipajang di beberapa blog sebagai bentuk kekesalan si pemilik blog terhadap pernyataan si pakar.

Anandita Puspitasari (23 tahun), seorang peneliti junior pada LSM Center for HRD and Applied Technology (CREATE), terpilih menjadi penerima Bloggership pertama di Indonesia, lewat URL blog-nya di http://nonadita.com, ia mampu membuktikan bahwa lewat blog prestasi dapat diraih. Menjadi penerima Bloggership tidaklah perkara yang mudah, ia harus berkompetisi dengan banyak blogger yang telah mengajukan aplikasi menjadi peserta berjumlah ratusan. Dita berhak atas dana Bloggership sebesar Rp. 15 juta, smart phone Windows Mobile, serta perjalanan ke 3 provinsi dengan seluruh biaya yang akan ditanggung oleh Microsoft Indonesia. Bloggership merupakan sebuah scholarship khusus bagi para blogger yang disediakan oleh Microsoft Indonesia pada ajang temu blogger nasional, Pesta  Blogger 2008, November lalu. Bloggership diberikan kepada blogger muda berusia 20-35 tahun yang dinamis dan mempunyai visi terdepan, serta berjangka waktu 6 bulan (mulai Januari-Juni 2009).

Mengawali tahun 2009, para blogger kembali ditantang dalam ajang kompetisi blog yang diadakan oleh Djarum Black dan Bugiakso. Djarum Black yang dikenal sangat apresiatif dengan ide-ide baru yang segar kembali mengadakan event bagi para blogger yang juga memiliki ide-ide segar nan kreatif, setelah sebelumnya banyak mengadakan kegiatan seperti Blackinnovation Awards, Black In News, Black Motodify dan lain sebagainya. Bugiakso dalam situsnya memberi judul kompetisi ini dengan “Aku untuk Negeriku”. Ajang ini kembali akan dijadikan pembuktian bahwa prestasi bisa juga didapatkan lewat blog. Bahwa banyak pihak yang memiliki apresiasi tinggi terhadap keberadaan blog. Bahwa blog bukanlah sampah di dunia maya. Bahwa blog=sampah adalah pernyataan yang salah. Bahwa blogger dengan blognya mampu memberikan kontirbusi bagi kemajuan bangsa ini. GO BLOG INDONESIA, INDONESIA GO BLOG!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s