Menyoal Kajian Sosiologi Pendidikan

2

February 7, 2009 by kamalfuadi


Menjelang berakhirnya perkuliahan semester ganjil ini, saya menemukan buku karangan Jack Demaine berjudul Contemporary Theories in the Sociology of Education di Perpustakaan Utama kampus. Hal pertama yang menarik perhatian saya untuk meminjam buku tersebut adalah judul yang langsung merujuk pada teori-teori sosiologi pendidikan. Saya tidak pernah membaca satupun buku yang mengkaji sosiologi pendidikan. Saya pernah mendapatkan mata kuliah sosiologi yang waktu itu saya pikir akan terfokus pada pembahasan mengenai sosiologi dihubungkan dengan pendidikan. Namun ternyata kajian sosiologi yang dimaksud dalam mata kuliah itu adalah kajian sosiologi an sich, tanpa dihubungkan dengan pendidikan. Menurut saya mata kuliah soiologi yang diberikan seperti itu tidak relevan dengan jurusan saya. Seharusnya sosiologi yang diberikan adalah sosiologi yang berhubungan langsung dengan pendidikan.

Membaca lembar demi lembar buku karya Jack Demaine membuat saya mengerti kecenderungan kajian pendidikan yang banyak sekali dikaji pemikir pendidikan kontemporer. Penjelasan yang dipaparkan pengarangnya sangat jelas. Jack Demaine mengklasifikasikan Paulo Freire, Ivan Illich ke dalam kategori pemikir pendidikan yang berbeda. Walaupun misalnya beberapa pemikir lain mengkategorikan Freire dan Illich secara berbeda misalnya, argumentasi yang diapaparkan Jack Demaine agaknya layak untuk dipertimbangkan.

Waktu dua minggu yang diberikan untuk peminjaman buku perpustakaan tidak akan cukup untuk membaca habis buku itu. Selepas buku dikembalikan, saya mendapati dua buku lain yang juga mengkaji soiologi pendidikan dari toko buku sekitar kampus. Buku pertama adalah buku bekas (stok lama, istilah pengganti bekas) favorit saya. Selain murah, biasanya masih cetakan-cetakan pertama. Jadi bisa juga dipakai istilah buku langka. Buku itu berjudul Sosiologi Pendidikan, Suatu Ikhtisar Teoritis tentang Pendidikan, Perkembangan dan Modernisasi karya S.C.N. de Jong, nama yang asing bagi saya. Dalam halaman setelah cover buku tercantum tahun penerbitan buku yaitu 1984. Buku kedua walaupun tidak secara langsung mencantumkan kata sosiologi pendidikan, namun memuat salah satu pemikiran yang sering dirujuk dalam kajian sosiologi pendidikan. Buku itu terbit menjelang penghujung tahun 2008. Buku karya Nurani Soyomukti itu berjudul Metode Pendidikan Marxis Sosialis, Antara Teori dan Praktek.

Membaca kajian sosiologi pendidikan bagi saya merupakan hal yang menarik. Teori-teori yang disampaikan akan sangat berguna dalam menganalisis berbagai fakta pendidikan yang ada. Misalnya Buku Nurani Soyomukti dengan pemaparan teori pendidikan yang dikembangkan dari pemikiran-pemikiran Karl Marx menjadi antitesis dari pendidikan yang sejauh ini cenderung mendukung kapitalisme. Walaupun memang pemikiran-pemikiran yang diajukan tidak bisa diambil semua, namun beberapa contoh yang disampaikan dapat dijadikan renungan dan pertimbangan. Namun sayang sekali jika kajian sosiologi pendidikan ini tidak disentuh sama sekali dalam perkuliahan. Buku-buku dalam bahasa Indonesia mengenai sosiologi pendidikanpun sangat jarang ditemukan. Beruntung semester ganjil ini saya mendapatkan mata kuliah pendidikan dan pembangunan yang walaupun tidak secara langsung berbicara mengenai sosiologi pendidikan namun teori-teori yang disampaikan cukup untuk membantu dalam menganalisis fakta-fakta dan kecenderungan-kecenderungan dalam dunia pendidikan.

2 thoughts on “Menyoal Kajian Sosiologi Pendidikan

  1. Royal Kadal says:

    penggunaan diksi “menyoal”. nt mesti terinspirasi judul artikelku yang berjudul “menyoal mekanisme liberalisasi (dalam pendidikan)”. ngaku wissssssssssssss……….

  2. wongjalur says:

    Terima kasih banyak atas artikelnya. Ni artikel yang bagus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: