One Spirit One Nation; Road to Pesta Blogger 2009

Leave a comment

June 28, 2009 by kamalfuadi


125x125_imgoingtoHajatan besar para penggiat blog tanah air sebentar lagi akan segera dilaksanakan. Panitia sudah mulai mempersiapkan acara Pesta Blogger tahun 2009 yang merupakan hajatan ketiga semenjak pertama kali diadakan pada tahun 2007. Tema Pesta Blogger 2007 adalah “Suara Baru Indonesia”. Tema Pesta Blogger 2007 dipilih karena pesta ini diharapkan akan menjadi wadah pertemuan dan diskusi bagi para blogger untuk bersama-sama menciptakan iklim nge-blog yang positif di Indonesia; sehingga blog dapat menjadi media ekspresi baru yang mampu menyuarakan pikiran, pendapat, dan perasaan para blogger Indonesia. Tema Pesta Blogger 2008 adalah “Blogging for Society”. Tema ini dipilih untuk memacu semangat para blogger sehingga dapat menggunakan media blog sebagai bentuk kontribusi mereka terhadap masyarakat. Tahun 2009, Pesta Blogger mengangkat tema yang memiliki nilai filosofis tinggi. Tema “One Spirit One Nation” sangat menjiwai nilai-nilai yang tersurat dalam Pancasila. Jika dikaitkan dengan semboyan bangsa Bhinneka Tunggal Ika, tema Pesta Blogger akan menemukan momentumnya. Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, budaya dan bahasa tetap merupakan satu kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jika merunut pada tiga tema yang diusung dari Pesta Blogger pertama tahun 2007 hingga Pesta Blogger ketiga tahun 2009, terlihat adanya kesinambungan yang entah disengaja atau tidak. Tengok saja mulai dari tema “Suara Baru Indonesia”, “Blogging for Society” dan “One Spirit One Nation”, tampak ada keterkaitan. Pesta blogger pertama yang bertemakan “Suara Baru Indonesia” memiliki makna bahwa aktivitas blogging yang selama ini sudah dilakukan merupakan ekspresi baru yang sedang menjadi trend. Ekspresi-ekspresi baru blogger diharapkan mampu mewakili suara Indonesia. Suara yang memiliki unsur-unsur Indonesia. Suara-suara baru yang juga memiliki kontribusi untuk Indonesia. Tema ini seolah menjadi tonggak awal sejarah blogger Indonesia yang mulai tampil di depan publik

Pada tahun berikutnya, tema “Blogging for Society” dipilih untuk mewakili hajatan Pesta Blogger 2008. Tema ini mencitrakan aktivitas blogging sebagai aktivitas yang memiliki kontribusi bagi masyarakat. Bahwa blogging tidak hanya melulu berisi catatan-catatan pribadi, curhat, atau aktivitas untuk saling mengkritik. Tema tahun 2008 menyatakan bahwa blogging juga memiliki banyak manfaat dan memberi masukan konstruktif bagi masyarakat. Tema ini seolah melanjutkan tema pertama yang terlihat mendeklarasikan diri. Tema pada tahun kedua menjadi afirmasi dari tema pertama. Tema kedua ingin memberi bukti bahwa setelah para penggiat blog berkumpul mereka juga memiliki kontribusi positif untuk masyarakat.

Pada Pesta Blogger 2009, tema “One Spirit One Nation” seolah menjadi titik kulminasi dari apa yang selama ini telah dilakukan para blogger lewat blog-blog mereka. Tema ini memberi warna yang lugas bahwa aktivitas blogging ingin juga memberikan kontribusi positif bagi bangsa. Bahwa aktivitas blogging dapat juga menjadi pemersatu para blogger yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Bahwa blogger dapat duduk bersama, berdampingan tanpa ada perbedaan yang menimbulkan kecurigaan dan akhirnya menjadikan permusuhan. Bahkan mungkin para blogger berkeinginan bahwa aktivitas blogging tidak hanya mempersatukan semangat para blogger, namun juga mempersatukan seluruh elemen bangsa tanpa di sekat oleh media yang bernama blog. Apa memang demikian?. Para bloggerlah yang akan menjawab. Para bloggerlah yang akan menentukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: