Catatan tentang Situs-situs yang Paling Sering Dikunjungi

Leave a comment

November 26, 2009 by kamalfuadi


Beberapa waktu yang lalu saya mengunjungi situs alexa yang biasanya selalu mengupdate dan melansir berita mengenai situs-situs yang paling sering dikunjungi, baik dalam cakupan dunia, negara maupun situs yang paling sering dikunjungi berdasarkan kategori.
Dalam cakupan sedunia, ternyata, google sebagai salah satu search engine paling populer menempati urutan pertama dari 500 situs yang paling sering dikunjungi. Urutan kedua disusul oleh facebook sebagai situs jejaring sosial (social networking) yang saat ini memang sangat populer dimana-mana. Jawara ketiga diraih oleh yahoo sebagai penyedia layanan email serta search engine yang bersaing ketat dengan google.
Dari 20 situs pertama yang paling sering dikunjungi, google mampu untuk mengisi 5 urutan, dari mulai (secara berurutan) http://www.google.com (1), http://www.google.co.in (13), http://www.google.de (15), http://www.google.cn (16), http://www.google.co.uk (20). Fenomena ini menunjukkan bahwa google memang dipercayai banyak orang untuk membantu mereka mencari entry-entry serta konten-konten yang ada di jagat maya.
Situs jejaring sosial, atau biasa juga disebut sebagai situs pertemanan, selain facebook yang mampu nangkring di jajaran 20 besar adalah twitter yang belakangan juga marak dipakai oleh masyarakat, walaupun memang pamor twitter masih kalah jauh jika dibandingkan dengan facebook.
Terdapat banyak fenomena menarik seputar situs-situs yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia. Hampir di semua negara situs milik google, yahoo dan facebook selalu nangkring. Jika kita menilik lansiran dari situs http://internetworldstats.com, terdapat laporan yang menyatakan bahwa 42% persen pengguna internet dari seluruh dunia berasal dari Asia. Dari seluruh pengguna internet di Asia, China merupakan negara dengan tingkat melek internet paling tinggi. Sebanyak 338 juta pengguna terdapat di China. Indonesia sendiri memiliki pengguna internet sebanyak 25 juta.
Jika kita padukan lansiran berita dari alexa dan internetworldstats terdapat beberapa hal yang menarik. Dari 338 juta pengguna internet di China, saya tidak mendapati facebook dalam jajaran situs yang paling banyak digunakan sebagaimana dilansir alexa. Entah karena penggunaannya diblokir negara atau alasan lain perlu penelitian lebih lanjut.
Di Indonesia sendiri, facebook nangkring di urutan pertama dari 100 situs lansiran alexa yang paling sering dikunjungi. Dalam edisi PC Mild (19 November-02 Desember 2009) disebutkan bahwa terdapat sebanyak 11.759.980 pengguna internet Indonesia yang mengakses facebook. Angka ini menjukkan bahwa hampir 50% pengguna internet di Indonesia menggunakan facebook. Angka ini menjadikan Indonesia berada pada urutan ke tujuh pengguna facebook dunia. Hal yang serupa juga terdapat di negara tetangga kita Malaysia. Facebook berada di urutan pertama situs yang paling sering dikunjungi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: