Buku (E-Book) Audit Sosial Studi Kepesertaan Jamkesmas dan Jamkesda

Leave a comment

December 28, 2013 by kamalfuadi


Mulai 1 Januari 2014, Undang-Undang (UU) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan secara resmi akan diberlakukan. Berbagai persiapan sedang dan sudah dilaksanakan oleh pemerintah. UU BPJS diberlakukan dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia sehat. Terlepas dari berbagai kekurangan dalam persiapan pelaksanaannya, kita perlu menyambut baik diberlakukannya regulasi tersebut.

Terkait dengan pelaksanaan UU BPJS, berikut ini adalah salah satu hasil studi dalam bentuk audit sosial mengenai kepesertaan Jamkesmas dan Jamkesda, yang dilakukan oleh 5 (lima) NGO/LSM yaitu PP Lakpesdam NU (Pengurus Pusat Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama), IDEA Yogyakarta, FITRA (Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran), PATTIRO (Pusat Telaah dan Informasi Regional), dan INISIATIF Bandung bekerjasama dengan IBP (International Budget Partnership). Studi ini dilaksanakan di Sumenep Madura Provinsi Jawa Timur. Hasil studi ini diharapkan ikut melengkapi kajian mengenai implementasi jaminan sosial kesehatan di Indonesia dalam rangka menuju Universal Health Coverage (UHC).

Hasil studi ini sudah diterbitkan dalam bentuk buku oleh PP Lakpesdam NU. Di bawah ini saya cantumkan link download e-book dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris:

“Social Audit: A Study of Jamkesmas dan Jamkesda Membership” download di sini

“Audit Sosial Studi Kepesertaan Jamkesmas dan Jamkesda” download di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: