Ivan Illich dan Deschooling Society

5

February 22, 2014 by kamalfuadi


Beberapa hari yang lalu saya menemukan (lagi) link download ebook berjudul “Deschooling Society” karya Ivan Illich. Beberapa tahun lalu kira-kira tahun 2007 saya pernah memposting link download ebook tersebut di blog ini. Namun ternyata link tersebut tidak bertahan lama. Website yang memuat ebook itu entah hilang ke mana.  

Buku terjemahan “Deschooling Society” sendiri pernah saya dapatkan di tahun kedua perkuliahan S1. Buku ini diterbitkan oleh Yayasan Obor Indonesia (YOI) dengan judul “Bebaskan Masyarakat dari Belenggu Sekolah”. Penerjemahan buku ini dilakukan oleh Sony Keraf dan diterbitkan oleh YOI pada tahun 2000.

Agak susah bagi saya mendapatkan terjemahan buku Ivan Illich tersebut. Buku terjemahan itu pun saya dapatkan dari salah seorang senior di kampus. Senior saya secara tiba-tiba memberikan penawaran apakah saya tertarik untuk memiliki buku terjemahan itu atau tidak. Dia mengabarkan bahwa di YOI buku tersebut sudah sangat jarang, Bahkan dia bilang hanya tinggal 2 eksemplar. Tanpa berpikir panjang waktu itu saya langsung mengiyakan penawarannya,

Bagi teman-teman yang berminat menyelami pemikiran pendidikan Ivan Illich dalam Deschooling Society silakan mengunduhnya di sini atau di sini,   

5 thoughts on “Ivan Illich dan Deschooling Society

  1. agus says:

    saya cari yang versi bahasa Indonesianya ga ada yang bang…mohon infonya kalau ada.. terimakasih.. (agus Yogyakarta)

  2. kamalfuadi says:

    Minggu kemarin juga ada yang menanyakan ke saya soal buku terjemahan Deschooling Society terbitan Obor. Orangnya juga sudah menanyakan ke pihak penerbit. Bukunya sudah tidak ada. Karena dia butuh untuk adiknya yang sedang menyusun skripsi, akhirnya saya fotokopikan dari buku saya mas. Mungkin nanti pas pameran buku masih ada yang menyimpan versi Bahasa Indonesianya.

  3. zulfa says:

    maaf kak, bisa kalo terjemahan buku “deschooling society” file pdf nya ada ndak?

  4. kamalfuadi says:

    Wah ga ada. File pdf cuma ada yg versi bahasa Inggris 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: