Ivan Illich dan Deschooling Society (Part 3)

6

December 2, 2014 by kamalfuadi


“Ivan Illich dan Deschooling Society” (Part 3)

4 hari yang lalu saat masih di Makassar ada seseorang yang saya tidak kenal mengirim pesan via inbox di salah satu media sosial. Dia berasal dari Yogyakarta. Dia berujar bahwa adiknya yang saat ini sedang menyelesaikan penulisan skripsi membutuhkan terjemahan buku “Deschooling Society” (1971) karya Ivan Illich yang diterjemahkan oleh A. Sonny Keraf dan diterbitkan oleh Yayasan Obor Indonesia dengan judul “Bebaskan Masyarakat dari Belenggu Sekolah”. Dia berinisiatif menghubungi saya setelah membaca salah satu tulisan di blog saya.

Saya sampaikan bahwa buku tersebut saya dapatkan tahun 2006 dari penerbit Obor dan saat ini sudah susah mendapatkannya karena sudah tidak (atau mungkin belum) diterbitkan lagi. Saat ada perhelatan Jakarta Book Fair, kalau tidak salah, saya mendapati buku ini terpajang di stand penerbit Obor.

Mendapati respon saya, dia langsung menghubungi Obor. Pihak Obor menyampaikan bahwa buku Ivan Illich sudah tidak ada dan belum diterbitkan ulang.

Akhinya saya sampaikan jika memang benar-benar membutuhkan buku tersebut bisa saya bantu untuk memfotokopikan.

Semalam kopian buku “Deschooling Society” saya ambil di tempat fotokopi. Tadi pagi buku saya kirim ke sebuah alamat di Surabaya Jawa Timur.

Menjelang Dzuhur HP saya berbunyi. Ada salah seorang teman mengirim BBM. Dia berniat mengirimkan 1 dus buku untuk didonasikan ke Taman Baca Masyarakat (TBM) Tiga Surau. Tidak lama setelah itu saya mendapati pesan di inbox salah satu media sosial. Si pengirim yang saya tidak kenal menulis pesan bahwa dia akan mendonasikan beberapa buku untuk TBM Tiga Surau.

Alhamdulillah 😊

View on Path

6 thoughts on “Ivan Illich dan Deschooling Society (Part 3)

  1. Dianto says:

    Hallo mas faud, boleh minta contact nya baik no hp / pin BB. Terimakasih🙂

  2. kamalfuadi says:

    Hallo mas. Boleh mas. Saya bisa kirim ke mana no. HP/PIN BBM saya?. Ada email?

  3. dwi says:

    permisi mas, mau nanya. mas saya di tugaskan untuk mencari buku diatas, apa mas tau toko buku mana yg masih menyediakan buku tersebut, karna saya sudah cari ketoko buku dan toko buku online tapi jawaban nya selalu” sudah tidak ada”.trimakasih

  4. kamalfuadi says:

    Sudah susah mba untuk mendapatkan buku ini. Sebagaimana saya tulis di atas, sudah ada yang menanyakan langsung ke penerbitnya dan sampai sekarang belum diterbitkan ulang. Jika berkenan bisa memfotokopi milik saya mba.

  5. ditia says:

    mas bisa gak di scankan terjemahan buku deschooling societynya trus kirimin via email mas klo bisa sih hari ini mas, soalnya dapat tugas dari dosen buat nyari terjemahan buku itu mas terima kasih sebelumnya. . .

  6. kamalfuadi says:

    Wah banyak lembarannya. Saya ga ada waktu untuk scan. Saya masih punya 1 eksemplar bukunya. Kondisi baru masih segel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: