Komunitas Literasi Tiga Surau

1

June 3, 2015 by kamalfuadi


Tiga Surau adalah nama dari komunitas literasi yang pendiriannya diinisasi oleh pemuda Desa Tuwel pada 20 November 2012. Komunitas ini beralamat di Mushalla Nurus Shobah lantai 1 Dukuh Tere Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal. Aktivitas literasi Tiga Surau diwujudkan melalui pendirian Taman Baca Masyarakat (TBM) bernama Tiga Surau. Remaja dan pemuda di Tuwel ingin agar aktivitas belajar masyarakat tidak berhenti saat sudah lulus dari sekolah. Pemuda yang bergiat di TBM Tiga Surau yakin bahwa selama ini bukan minat baca masyarakat yang rendah, namun akses untuk mendapatkan buku masih sulit. Untuk itulah TBM Tiga Surau hadir agar masyarakat dapat mengakses buku-buku dan bahan bacaan lain sebagai salah satu sumber belajar.

Sejak didirikan TBM Tiga Surau telah memiliki anggota terdaftar sebanyak 272 orang yang terdiri dari anak-anak hingga dewasa. Mereka biasa berkunjung ke TBM Tiga Surau pada saat hari dan jam buka TBM Tiga Surau yaitu Jum’at siang pukul 14.00-17.00 dan Minggu pagi pukul 09.00-14.00. Pada saat jam operasional, jumlah pengunjung TBM biasanya mencapai 15-20 orang. Koleksi buku TBM Tiga Surau sendiri hingga kini mencapai 1500an buku dengan tema dan judul yang beragam.

Tiga Surau, TegalLayaknya perpustakaan pada umumnya, TBM Tiga Surau melayani peminjaman buku dengan cuma-cuma alias gratis. Namun denda tetap dikenakan jika terlambat mengembalikan agar peminjam disiplin dalam mengembalikan buku.. Agar dapat menarik masyarakat untuk gemar membaca, TBM Tiga Surau mengadakan kegiatan lain selain peminjaman buku, misalnya lomba-lomba untuk anak-anak, pelatihan-pelatihan untuk remaja dan pemuda, dan pemutaran film-film edukasi setiap sebulan sekali.

TBM Tiga Surau sendiri telah dikunjungi oleh tamu dari berbagai kalangan. Mulai dari komunitas mahasiswa yang berasal dari Tegal dan luar Tegal, Bupati Tegal Ki Enthus Susmono, hingga beberapa artis dan tokoh nasional seperti Fadly vokalis band PADI, Anji eks vokalis DRIVE, Baron, KH. Cholil Nafis, Ph.D (PBNU), dan Zastrouw El Ngatawi (LESBUMI PBNU).

Email              : tigasurau@yahoo.com

Facebook         : Taman Baca Masyarakat Tiga-Surau

Twitter            : @tigasurau

Path                : TBM Tiga Surau

Instagram        : tamanbaca3surau

Tumblr             : www.tigasurau.tumblr.com

Blog                 : www.komunitastigasurau.blogspot.com

HP                    : 087730808740/081381875587 (WA available)

Artikel ini dimuat di Info Tegal

One thought on “Komunitas Literasi Tiga Surau

  1. Amalia says:

    Hai salam kenal. Komunitas tiga surau membuat saya terpukau betapa masyarakat Tegal sebenarnya sangat bisa berbagi dan memajukan kota Tegal bersama-sama. Saya sedang merintis komunitas baru untuk mengumpulkan para blogger kota Tegal atau asal Tegal untuk dapat bersama memajukan Tegal dan sekitarnya. Saya harap Kamalfuadi dapat bergabung. Akan ada meet up juga dalam waktu dekat. Informasi lebih lanjut mengenai komunitas ini dan jika ingin bergabung, langsung saja ke http://www.meetup.com/TeBlogger/
    Btw, nice blog!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: